Pipi Gembil Perut Gembul Moment : Tairyo Japanese Restaurant

Assalamualaikum 🙂

Sudah lebih dari satu minggu kayaknya saya nggak ngeblog. Sekarang saya mau review salah satu restaurant Jepang di Grand Indonesia, Jakarta bernama Tairyo!

Tairyo adalah restoran Jepang yang menu utamanya adalah teppanyaki. Tairyo menyediakan menu menu yang bisa dipesan ala carte dan ada juga yang tipe all you can eat (sampe pipi gembil sampe perut gembul). Kebetulan saya nyobanya yang tipe all you can eat. Alhamdulillah karena ada promo jadi saya dapetnya agak murah (anaknya modis banget : modal diskon). Kalau ga dapet promo kayaknya saya nggak akan icip icip Tairyo karena harganya lumayan juga yaitu start from Rp 169.000++ untuk all you can eat.

Untuk menu all you can eat dibagi jadi 3 tipe, yaitu tipe A, B, dan C. Tipe C itu yang paling mahal. Nah di promo ini saya bisa pesan tipe A dan B saja. Menu menu yang ada adalah sushi, sashimi, teppanyaki (ayam, seafood, daging sapi, daging kambing), dessert, dan makanan cemal cemil.

Menu menu teppanyaki
Menu menu teppanyaki

Yang bikin istimewa di Tairyo ini adalah suasana makannya. Kita harus makan di suatu meja persegi empat melingkar sambil menyaksikan chef menyiapkan teppanyaki yang kita pesan. Kadang kalo chef-nya lagi niat heboh suka ada api berkobar-kobar menambah seru suasana makan kalap kita hehehe.

tempat masak Teppanyaki
tempat masak Teppanyaki

Untuk sesi makan makan kalap berujuk kekenyangan tapi masih merasa rugi kemarin, saya (EH bukan saya doang ding, kami karena sama temen temen saya juga) memesan menu-menu sebagai berikut :

1. Salmon Sashimi

rasanya lembut seperti sashimi pada umumnya. Tapi entah kenapa in my very humble opinion, rasanya lebih segar salmon sashiminya Sushi Tei.

2. Salmon Aburi Sushi

Again, mungkin lidah saya udah lidah sushi tei banget. Salmon Aburi Sushi gak pernah gak enak, jadi bagi saya sushi ini emang enak tapi gak banget. Saya lebih suka Salmon Aburinya sushi tei dan selama makan ini ga bisa lepas dari enaknya Tuna Salad Crispy Mentai-nya Sushi Tei (walaaah dramaaaaaa luuu Miekeeee)

IMG_20141221_193305

3. Karaage (udah otomatis dikasih jadi appetizer)

Enaaaaaaaaaak dan gurih. Bagi anak anak indonesia masa kini yang suka bekal Chicken Karaage dari So Good dll, ini lebih enakan dan hangatnya pas.

4.  Shrimp Tempura (udah otomatis dikasih jadi appetizer)

Untuk shrimp tempura, saya lebih suka tempura Marugame Udon. Mungkin karena Shrimp Tempura di Tairyo ini memang bukan menu utama dan kebanggaan mereka. Tapi so far so goooood lah.. Crispy Enough

5. Teppanyaki Daging Gulung Jamur Enoki (yang saya lupa bahasa inggris resmi di buku menunya yo opo toh. kebiasaan ngunyah heboh, judul makanannya aja lupa)

Nah yang ini SUPER ENAK MASYA ALLAH AKU BAHAGIA MAKANNYAAA.. Dagingnya Juciy dan ketika digigit, jamur Enokinyaa sangat amat enak dan fresh. Saya terharu makannya dan sampe bingung mau ngetik apa. Pokoknya kalo ke Tairyo harus pesen ini yang banyak. YANG BANYAK sampe abis. *lebay

6. Teppanyaki Lidah Sapi feat Bawang Bombay

Enaaaak jugaaaa.. Berhubung saya anak katro yang belum pernah makan lidah seumur hidup, saya pun memesan menu ini dengan penuh keraguan dan rasa penasaran campur jadi satu, Ketika menu dihidangkan oleh Bapak Tukang Teppanyakinya di piring saya, melihar warnanya yang pucat dan kurang menarik, saya jadi pesimis. Ketika dimakan, rasa pesimis itu berubah menjadi rasa pingin nambah. Meh, dasar gembul.

7. Teppanyaki “Ikan tipis kecil kayak ikan teri agak gedean dan panjangan yang saya lupa namanya”

Ikan ini ikan yang aneh. Menurut saya harusnya ikan kayak ini ga mahal mahal amat dan ga enak enak amat. Ternyata pas digigit rasanya aneh tapi enak Pokoknya susah dijelaskan.Aneh tapi enak. Kalau di Zenbu, ikan ini biasanya dikasih cod roe oranye di atasnya dan saya makan pakai mayonnaise. Kalau di Tairyo cuman dipanggang aja dan suprisingly enak.

IMG_20141221_194428
Ikan yang saya lupa namanya feat Lidah Onion

 

8. Sushi Maki feat Avocado, Salmon, and Crabstick

Enak tapi tetep aja kalo Sushi saya lebih suka Sushi Tei.

9. Teppanyaki Gindara Fish

Gindara Fish emang gak pernah gak enak. Dagingnya yang putih dan lembut memang selalu membuat bahagia orang yang menikmatinya. Dagingnya juga fresh. Saya rasa menu ini boleh dicoba lagi

10. Chicken Teppanyaki feat Onion

Ini juga enak. Bumbunya gurih dan spicy. Bawang bombaynya manis dan segar. I will def try it again :9

Overall segala masakan di Tairyo ini enak. Chefnya terlihat proffesional dan waitressnya ramah. Mereka juga sigap akan pesanan. Suasana baru menikmati daging yang kita pesan diolah oleh si Chef dipanggang di depan mata dengan api berkobar ala pertunjukan sulap juga sungguh menyenangkan. Worth the price lah yaaa 🙂

 

Thanks Tairyo.. doakan saya banyak rezeki jadi bisa icip di sini lagi hihi

Wassalamualaikum

Advertisements

Latest Visit : Thai Alley Pacific Place

Assalamualaikum!

Hello Bellooooo…

Sekarang saya mau review salah satu restaurant yang khusus menyajikan makanan Thailand bernama Thai Alley. Thai Alley ini terletak di Pacific Place lantai 5, tepatnya di sebelah Din Tai Fung.. 🙂 Kalau nggak tahu juga Din Tai Fung di mana, saya saranin tanya satpam aja ya.. >:p

Sebenernya saya bukan pecinta masakan Thailand, simply karena saya agak trauma ketika pertama kali makan makanan Thailand ini di suatu restaurant di Jakarta juga. Saya pesan makanan yang harganya lumayan, tapi isinya kuah santan doaaaang dengan ayam yg cuman dikasih seikhlasnya. Jadinya sejak saat itu (semester pertama kuliah) saya menolak kalo diajak makan makanan Thailand.

Hal ini berlanjut sampai kerja sehingga akhirnya saya sempat training ke Bangkok 2 kali. Di sana, saya harus dong makan makanan Thailand dan rasanya ternyata enaaaaak.. banget. sempet sih salah makan, dengan makan makanan tenda terus diare, tapi overall makanan Thailand ternyata enak, spicy, dan pas buat lidah orang Indonesia walau agak asam. Saya juga suka bangeeeet sama Mango Sticky Rice (awalnya) tp krn kayak yang hampir tiap hari makan itu makanan, saya jd agak bosan sekarang..

Ok, lanjut ke Thai Alley ajalah yaaa.. kebiasaan Intermezzo saya mah (naon). Jadi sebenernya ke Thai Alley untuk sekedar chit chat catching up sama 2 teman kuliah saya dulu tanpa ada harapan ditraktir (boooong ding, sebenernya ngarep). Tapi krn salah satu teman saya dipromote, maka akhirnya saya dan teman saya satu lg ditraktiiirrrrr (horeee). Alhamdulillah rejeki anak sholeh.. (karena pas cek menu, harganya lumayan mahaaaal.. muahahaha ehh perempuan harus manis ketawanya, jd muihihihi)

Langsung review makanannya aja ya. Karena kami anak kalap Indonesia (dan saya yg ngakunya (pingin) diet juga emg suka kalap mesen makanan walaupun berakhir begah dan nyesel) kami pesen mayan banyak.

1. Chicken Pandan — > Ini rasanya enak banget dan per bungkus pandan ukurannya gede, padahal biasanya kecil loh bahkan di Thailandnya sendiri. Rasanya pun kayak rempah, ga terlalu basah tp juga ga terlalu kering. Dari semua chicken pandan yang pernah saya makan, chicken pandan di Thai Alley inilah yang paling memorable enaknya.
2. Tom Yam –> Pedes Asem Segar. Tiga kata itulah yang menjelaskan rasa tom yam ini. Gak terlalu istimewa tapi segar. Sea Foodnya berlimpah begitu juga ayamnya. Kuahnya hangat dan pedas. Cocok dimakan dikala musim hujan. Saya sendiri merasa kalau belum makan Tom Yam berarti ya belum makan makanan Thailand.

3. Pad Thai –> Banyak dan enak. Ini Pad Thai porsinya super duper jumbo. Rasa Pad Thai memang unik karena rasanya yang asam dan pedas. Saya selalu suka dengan rasa pad thai yang segar dan spicy. I personally love Pad Thai and any kind of Pad Thai will be great for me :p

4. Suatu makanan berkuah santan campuran rasa soto betawi dan opor. –> I totally forget the name of this menu. Teman saya yang pesan menu ini, dan saya baru ngeh ketika dia semi berteriak “Mieeeeek.. ini lohhh makanan enak banget, manis manis gurih… kayak soto betawi campur tom yaaam.. lo gak mau?”. Makanan ini cukup mengingatkan akan makanan penuh santan yang saya makan dulu. Not a fan of this menu. Tapi mungkin jika saya ga secara subyektif menilai rasa makanan ini berdasarkan trauma saya dulu, rasanya cukup enak sih.. :d

5. Brokolli bawang putih –> Cukup segar, cukup enak, cukup tidak merasa bersalah ketika makan itu. Bawang Putihnya besar-besar banget dan brokolinya segar. Surprisingly rasa bawang putihnya cukup enak walaupun saya pikir rasanya akan aneh. Aneh sih, tapi enak. hehehehe.

Dessert :
1. Mango Sticky Rice –> Dulu, pertama kali saya coba menu ini di Bangkok, saya merasa ini menu yang sangat aneh. Gimana gak aneh kalo potongan Mangga disajikan dengan ketan dan santan? Aneh banget dan saya terbayang rasanya yang amburadul. Ternyata setelah suapan pertama, saya sangat suka paduan rasa ketan, mangga, dan santan yang ada pada menu ini. Selama beberapa kali (padahal cuman 2 kali) saya ke Bangkok, ini adalah menu yang saya pasti pesan dan bawa pulang (walaupun pas pulang bentuknya udah acakadul amburadul). Di Thai Alley, teman saya yang pesan menu ini. Saya hanya icip-icip saja. Rasanya enak tapi mangga-nya ga sememorable mangga di Bangkok sana. Porsinya besar. Bagi kalian yang belum pernah coba, kalian harus coba Mango Sticky Rice.

CYMERA_20141125_222652

2. Es Krim Kelapa (kalo di Bangkok dijual di pinggiran kayak es krim keliling yang ada di Jakarta) –> E.N.A.K. Rasa manisnya ga berlebihan dan kacang yang ada sebagai taburan menambah semarak rasa dari es krim kelapa ini. Sajian yang simpel ala pinggir jalan Bangkok pun membuat rasanya sangat sederhana tapi memorable. Kalau ke sini lagi (dan dengan harapan dibayarin lagi) tentu saya akan pesan menu ini lagi :9

CYMERA_20141125_222831

 

Maaf beribu maaf jika saya mention nama makanannya dengan penamaan ala saya sendiri. Sejujurnya saya ini tipe pelupa terlebih nama makanan Thailand itu aneh-aneh sekali. Dari beberapa restoran Thailand yang ada di Jakarta, ini adalah restoran Thailand kedua yang saya sukai (setelah Kuppa di Plaza Indonesia yang sudah tutup 😦 ). Kalau Kuppa porsinya kecil-kecil, di Thai Alley ini porsinya super mega besar.

Sekian ulasan Thai Alley dari saya.

Berikut gambar menu Thai Alley yang saya ambil dari http://www.culinaryconcepts.asia/thaialley/

thai_alley_web

Selamat makaaaan..

salam omnomnomnomvoraaa

Wassalam.

Latest Favo : Marugame Udon

I am officially udon-ed after I ate udon at Marugame Udon.

Saya sebenernya gak gitu suka sama varian Ramen dan Udon karena menurut saya udah bayar mahal, rasanya hambar dan enakan mie instan kari ayam pake telor sama cabe rawit ahahaha.. (duuhh jadi kangeen makan mie instan.. udah 4 bulan detox makan mie instaaan.. hiks). Tapi untuk udon di Marugame Udon ini saya nyerah sih. Saya kasih pengecualian karena rasanya yang menurut saya enaaaaaaaak banget. Memang agak sedikit mencurigakan karena bagi yang kenal saya, di kamus saya cuman ada enak sama enak banget. Ahihihi.

Saya sering sekali ke Marugame Udon sama adik saya. Dia juga salah satu remaja Indonesia yang suka banget makan Udon. Baginya Udon di Marugame Udon adalah Mood Booster. Karena kami memang-memang anak-anak Indonesia yang kalo udah suka sama satu menu di satu restoran tuh suka susah move on dan berakhir makan itu-itu aja, saya cuman bisa review beberapa menu utama Udonnya. Yang sering gonta-ganti kami pesan itu biasanya Tempuranya.

Ok, langsung masuk ke penjelasannya saja yaa (maafkan kalo saya cerita, suka kebanyakan intermezzo lala lili)

Di Marugame Udon terdapat 3 jenis menu yang paling utama :

1. Udon

2. Nasi

3. Tempura

Saya nggak pernah makan nasinya, soalnya di rumah saya mah nasi bisa swasembada. Nasi di Marugame pun memang sebatas nasi kari. Jadi saya pesan Udon sama tempura. Udonnya macem-macem. Ada yang pake kuah, ada yang gak pake kuah tapi pake telur ikan oranye (yang saya lupa itu dari ikan apa) gitu sama telor sama kremes (ada tuh bahasa kerennya kremes tapi saya lupa apa), ada juga yang Udon pake kuah dingin (dan karena saya rasa itu aneh pisan, saya gak pesen)

Ini menu yang biasa saya dan adik saya pesan :

Saya : Mentai Kamatama Udon + Chicken Chilli Tempura + Prawn tempura + Sama sate tempura yang saya lupa namanya

Adik : Niku Udon + Prawn Tempura + Egg Tempura + Sate tempura yang saya lupa namanya apa

Please banget jangan komen kalo tempuranya banyak amat, karena kami memang kalap kalo ke sini. Karena ini tipenya kayak prasmanan, jadi ambil baru bayar, ketika sampe depan tempura-tempura yang bergelimpangan, kan dosa kalo ga diambil (ngarang amat sih miek).

Ohiya satu menu lagi yang pernah dipesen kami berdua yaitu Curry Udon. Curry Udon ini jujur rasanya enaaaaaak dan nyamnyam gitu. Adik saya nyesel karena ga pernah pesen menu itu sebelumnya.

Bagi kalian yang ngakunya Udon addict, kalian harus coba marugame udon. Kalian harus coba Egg Tempura dengan telur yang dalemnya orange dan setengah matang tapi ga amis. Kalian harus coba Chilli Chicken tempuranya yang fresh dan enaaak banget. Kalian harus coba udon lembut dan kuahnya yang gurih tapi ga berlebihan.

Ini menu menu di Marugame Udon

Marugame Udon

Saya ingin post gambar, hanya saja dari tadi, gambarnya gak bisa diupload. Padahal angle gambarnya abal abal banget. Hahaha nanti kalo saya udah gak fakir internet connection, saya akan edit post ini yaa.. Karena takutnya lama, kalian bisa google sajaaa (eh ini sebenernya blog saya ada yang baca gak sih ahahaha..)

Selamat mencobaaa..

Adios Muggles!

Saturday Lunch : Fook Yew

Assalamualaikum!

Hello Bello!

Sekarang saya mau share soal salah satu restoran yang saya kunjungi (dan saya habisi makanannya). Restoran itu bernama Fook Yew di Gandaria City. Fook yew yaa bukan another F word  :p

Fook Yew merupakan bagian dari Ismaya Group. Ismaya Group memang jagoannya dalam membuat desain restoran yang nyaman, indah, modern, tapi juga klasik di kala bersamaan. Ambience yang dibuat sangat oriental dengan ornamen warna merah, hijau, dan kuning. Segala peralatan makannya pun identik dengan tulisan tulisan ala tionghoa dan porselen porselen tionghoa. (sayangnya saya ga foto hehehe)

Banyak makanan makanan yang (keliatannya) enak tapi karena saya ke sana karena penasaran sama makanan bernama Sheng Jian Bao, saya pun cuman pesan Sheng Jian Bao isi Chicken and Prawn plus Dessert yang suprisingly sangat enak dan memorable (yang saya juga lupa namanya) yaitu puding alpukat dan ice cream coklat. PUDINGNYA ENAAAAAAK….. Alpukat banget. Saya jadi lebih suka sama dessertnya daripada Sheng Jian Bao-nya hehehe.

imagePenampakan di atas adalah penampakan Sheng Jian Bao isi Chicken and Prawn. Filling-nya macem macem, ada yang savory isi lada hita ada juga yang sweet isi jagung dll. Untuk Sheng Jian Bao ini saya rasa agak keasinan kuah dalamnya.. tapi overall enak.. Sheng Jian Bao ini kayak Xiao Long Bao, tapi lebih besar. Sensasi kuahnya dan juga filling-nya juara banget.. Saya penasaran mau coba yang sweet lain kali.

imagePenampakan kedua adalah puding alpukat feat ice cream coklat yang rasanya ENAK BANGET BANGET BANGET. Rasa pudingnya alpukat banget dan lembut. MUST TRY! saya kehilangan kata-kata untuk bisa menjelaskan enaknya puding satu ini.

Overall Fook Yew memiliki menu menu yang sangat menarik untuk dicoba. Suasananya menyenangkan dan karyawannya ramah-ramah. Definitely worth to be visited again. 😀

Thanks Fook Yew!!